Launching Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, Sukses Digelar

  • Harum Saudia
  • 12-05-2023
  • Dibaca: 619 Kali

Balikpapan - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalimantan Timur bekerjasama Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Kalimantan Timur kembali selenggarakan ajang Pemilihan Duta Sadar Hukum tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023. (11/5).

 

Ajang yang diperuntukan bagi siswa Jenjang SMA/SMK/MA/SLB (Tuna Daksa) ini adalah kali ke 4 sejak diawali pada tahun 2020 yang diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur.

 

Untuk itu, acara yang diawali dengan Launching yang dibuka langsung oleh Staf Ahli Gubernur Bidang I politik, hukum dan keamanan Ririn Sari Dewi, S.I.P., M.Si., dan dihadiri oleh Kadisdikbud Prov. Kaltim Muhammad Kurniawan, SE., Ak., MM., Asisten Intelejen Kejati Prov. Kaltim I Ketut Kasna Dedi SH., MH., Kepala Kejaksaan Negeri se Kalimantan Timur, Kepala Cabang Dinas Wilayah Disdikbud Prov. Kaltim dan Kepala SMA/SMK/MA/SLB se Kaltim.

 

Dalam laporan ketua panitia oleh Sekertaris Disdikbud Prov. Kaltim Yekti Utami, S.Sen., M.Pd melaporkan peserta dalam kegiatan berjumlah 500 orang yang terbagi dalam dua sesi yaitu sesi tatap muka dihadiri 64 orang dan sesi online via zoom meeting berjumlah 436 peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah.

 

Sementara itu, staf ahli gubernur Bidang I politik, hukum dan keamanan Ririn Sari Dewi dalam sambutannya mengharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat bersaing dan menginspirasi anak didik untuk terus memajukan pendidikan.

 

"Saya yakin kegiatan ini dapat menambah wawasan kepada guru dan kemudian diimbaskan kepada siswa dan diharapkan upaya dalam pencapaian visi misi gubernur ini dilakukan secara terencana, sistematis dan berkelanjutan," ucap Ririn.

 

Kemudian, Hari Setiono, SH., MH selaku Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Kalimantan Timur mengungkapkan kolaborasi dari sisi pendidikan dan hukum dapat menjadi ikon khusus terlebih dalam menyongsong bagi kemajuan IKN.

"Dalam pembangunan IKN tentu dibutuhkan SDM yang lebih baik dan berkualitas maka diharapkan anak-anak sebagai agent of change ini mengambil peran dan aktif dalam membangun kesadaran hukum bagi lingkungan sekitarnya," ungkap Hari.

 

Peluncuran Pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum dilanjutkan dengan testimoni oleh Duta tahun 2021 yaitu Imelda Palimbunga yang berkesempatan melanjutkan pendidikan pada jenjang perkuliahan pada jurusan hukum dengan memperoleh beasiswa, kemudian Duta tahun 2022 yaitu Dwina Cintya Siregar dan Raka Dwika Faras yang sedang menunggu pengumuman Mahasiswa Baru.