Bidang GTK Selenggarakan Bimbingan Teknis Calon Guru Pelaksana Kurikulum Muatan Lokal jenjang SMA

  • Harum Saudia
  • 20-05-2024
  • Dibaca: 50 Kali

Samarinda – Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) mengundang sebnayak 180 guru yang terdiri dari guru mata pelajaran SDA sebanyak 100 orang, guru mata pelajaran seni budaya sebanyak 32 orang dan guru mata pelajaran bahasa daerah sebanyak 48 orang guna mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Calon Guru Pelaksana Kurikulum Muatan Lokal Jenjang SMA se Provinsi Kalimantan Timur. (20/5). 
Dalam laporan ketua penyelenggara yang disampaikan oleh Armin, M.Pd mengungkapkan kegiatan Bimtek kali ini mengundang beberapa pemateri dan fasilitator yang berkompeten dibidangnya, diantaranya Dosen Universitas Mulawarman, Tim Pengembang Kurikulum Prov. Kaltim, Ketua LPK Cerdas Cemerlang dan para Penulis Buku Muatan Lokal. 
Pada kesempatan yang sama, kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Kurniawan, SE., Ak., MM dalam sambutannya mengharapkan guru tidak hanya memperkenalkan siswa mengenai kebudayaan, adat istiadat dan kearifan lokal tetapi juga menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap daerahnya sendiri. 
“Guru tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai fasilitator, motivator dan inspirator bagi para siswa untuk terus mencintai budaya dan istiadat kearifan lokal daerahnya,” tutur Kadisdikbud. 
Selama 6 hari kegiatan yang dimulai pada tanggal 17 – 22 Mei tahun 2024 dilaksanakan di Hotek Mercure Samarinda tersebut akan melaksanakan beberapa rangkaian acaranya diantaranya pemaparan materi tentang pengajaran muatan lokal, pemaparan sistematika buku ajar dan stategi pembelajaran muatan lokal, penyusunan rencana pembelajaran, micro teaching dan evaluasi.